Buku tentang kegagalan dan kesuksesan para Alumni ITB

Salah satu ciri sebuah bangsa yang berbudaya tinggi adalah kemampuan untuk menuliskan pengalaman yang baik dan buruk untuk diteruskan kepada generasi yang lebih muda. Tujuannya agar kesalahan yang sama tidak terulang dan juga hal-hal yang baik dapat ditiru. Spirit seperti inilah yang diperlukan oleh seluruh alumni ITB. Sehingga generasi yang lebih muda akan lebih baik dari generasi tuanya.

HOME    DAFTAR ISI    SESUAI JURUSAN    DOWNLOAD BUKU    LIHAT VIDEO

Saturday, May 12, 2007

Kisah Untung adinyoto - Industriawan yang berhasil mengikat emisi gas CO2 menjadi produk yang bermanfaat


Inilah sebuah kisah yang mungkin bisa memutar-balikan paradigma tentang karya-karya para insinyur Indonesia. Hampir selalu di berbagai industri, ada semacam stigma bahwa para insinyur (terutama insinyur Teknik Kimia), umumnya membuat pabrik yang membuang limbah baik ke udara, ke tanah maupun ke air. Sehingga limbah pabrik-pabrik tersebut akhirnya mencemari lingkungan dan masyarakat.

Namun salah satu hal yang sangat spektakuler dari karya rekan Untung adi nyoto di Industri kimia, adalah ciptaannya membuat sebuah pabrik yang memproduksi oxo-alcohol dengan menggunakan bahan baku CO2 dari udara. Dengan demikian, Untung dengan karyanya ini, secara nyata telah mengurangi dampak pemanasan dunia akibat efek rumah kaca akibat emisi gas CO2 (hasil pembakaran minyak bakar fossil). Sebuah karya luar biasa yang perlu diketahui oleh para pencinta lingkungan.

Kisah rekan Untung juga dapat dibaca di link berikut

0 Comments:

Post a Comment

<< Home